Wednesday 24 April 2019

Daun Sirih manfaat bagi kita



Daun Sirih (piper betle) tumbuhan menjalar atau merambat yang dapat kita tanam di pekarangan kita dengan cara yang mudah dan tidak perlu banyak perawatan ternyata banyak mengandung manfaat atau mengandung zat yang dapat membantu menyembuhkan berbagai macam gangguan kesehatan pada tubuh kita,

Daun sirih yang telah kita ketahui selama ini adalah sebagai obat antiseptik karena luka bakar.
Daun sirih termasuk tumbuhan yang rendah lemak dan kalori kalori, karena kandungan dalam daun sirih terdiri sebagian besar adalah air 85-90% .

Berikut sekilas manfaat yang dapat kita ambil dari khasiat yang terkandung dalam daun sirih:

1.Daun sirih sebagai Antiseptik

Ambillah  kisaran 10-20 lembar daun  sirih yang yang sudah tua setelah dibersihkan kemudian direbus dengan 400cc gelas rebuslah sampai air mendidih sehingga tersisa kira-kira 200cc, kemudian angkat dan biarkan air sampai dingin.
Gunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan dan mengobati luka dengan cara dikompreskan pada  luka dengan kain yang lembut atau kapas.

2. Daun sirih sebagai obat batuk

Kandungan Vitamin B dan C  serta serta Alkaloid yang terdapat dalam daun sirih bisa dijadikan sebagai penawar peradangan yang mengakibatkan batuk.
Bersihkanlah 5-10 lembar daun sirih dengan takaran air 1 1/2 gelas biasa (300cc) rebus selama 15 menit, Gunakan air rebusan daun sirih tersebut dengan cara diminum setiap hari sekali.

3. Daun sirih sebagai obat Mimisan

Kegunaan daun sirih yang sudah tidak asing lagi bagi kita adalah menyembuhkan Mimisan, dengan cara yang begitu mudah, ambilah selembar daun sirih yang telah kita bersihkan, kemudian masukan pada lubang hidung,tidak sampai 10 menit langsung mimisan hilang karena khasiat dari daun sirih yang mengandung AntioksidanTannin.

4. Daun sirih sebagai pengusir serangga.

Aroma khas dari daun sirih yang keset sangat tidak disukai oleh serangga bisa  semut ataupun kecoa.
Ambillah beberapa lembar daun sirih letakkan di daerah yang sering disinggahi oleh serangga tersebut. Gantilah daun sirih tersebut bila sudah kelihatan layu.Dengan demikian anda dapat bebas dari serangga yang mengganggu dengan cara yang alami dan mudah.

Demikian artikel sekilas tentang manfaat yang dapat kita ambil dari daun sirih, semoga bermanfaat bagi kita semua.

1 comment:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete

Keji Beling, tanaman semak berwarna hijau berbulu sebagai obat kanker, obat alami

Keji Beling merupakan tanaman yang mudah tumbuh di sembarang tempat, apalagi di negara kita yang beriklim tropis ini,  tanaman yang...