Monday 29 April 2019

Daun Kemangi untuk Lalapan dan berfungsi bagi kesehatan tubuh





Daun Kemangi, sayuran lalapan ini konon berasal dari India, seiring zaman daun yang rasanya khas terasa getir ini menyebar keseluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.
Daun kemangi yang identik dengan menu lalapan ini, ternyata juga mengandung banyak sekali zat dan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan kita, termasuk juga untuk menjaga kelembaban kesehatan kulit dan kesehatan rambut dari kerontokan,
Tanaman ini mudah tumbuh disegala tempat baik itu dataran rendah atau dataran tinggi, sehingga kita tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan sayuran lalapan ini alias daun kemangi atau dalam bahasa latinnya Ocimum sanctum.

Didalam daun kemangi mengandung banyak sekali unsur yang dibutuhkan untuk kesehatan kita, diantaranya adalah: karbohidrat, lemak, protein, asam askorbat, lisin, zat besi, kalsium,vitamin A, vitamin C,vitamin E, vitamin K, kolin,folat, serat folat,sodium,seng,tembaga,mangan,beta karoten,mineral,thiamin,fosfor.linalol, cineole,eugenol, sabinen, limonene,myrcene, magnesium,kortikosteron,

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan kita:

- Daun kemangi bermanfaat untuk mengatasi kerontokan rambut. Ambilah daun kemangi yang masing segar kira-kira satu genggam kemudian kita tumbuh sampai halus, kemudian kita ambil cairan dari tumbukkan daun kemangi tersebut aplikasikan ramuan tersebut dengan dicampur dengan minyak kemiri atau minyak kelapa, usapkan secara merata diseluruh bagian rambut kita bisa juga dengan sisir yang lembut, lakukan 2 kali dalam seminggu, dengan ketelatenan dan kesabaran anda akan mendapatkan rambut yang lebat subur.

- Banyak diantara orang tua kita terdahulu sebelum ada produk semir penghitam rambut, mereka menggunakan air rendaman daun kemangi untuk mengembalikan atau menjadikan rambut hitam kembali. yaitu dengan cara merendam kira 200 gr daun kemangi kedalam 2 liter biarkan selama 1 malam, gunakan air rendaman daun kemangi tersebut untuk mengatasi uban dengan cara membasahi seluruh bagian rambut, biarkan selama 30 menit, kemudian baru kita bersihkan seperti biasa, lakukan hal ini dua hari sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

- Dengan ramuan daun kemangi bisa mengatasi panas demam, yaitu dengan cara kita jus daun kemangi satu genggam yang telah kita bersihkan tambahkan setengah gelas air, setelah lumat kita saring ambil airnya, minum dengan ditambahkan madu dan perasan air jeruk nipis untuk penawar rasa getir dan penambah rasa serta khasiat,

- Kandungan dalam daun kemangi dapat menghambat faktor penuaan dini, karena didalam terkandung zat yang ampuh untuk melawan radiasi radikal yang menyebabkan penyebab penuaan yang belum semestinya, daun ini mengandung antioksidan yang bisa melawan radiasi radikal tersebut.



- Bagi kaum wanita, daun kemangi bisa sebagai solusi alternatif dan cara secara alami untuk mengatasi jerawat dan munculnya komedo pada wajah kita, dengan sering makan lalapan daun kemangi ini dapat membantu mengurangi munculnya jerawat dan komedo yang mengganggu kecantikkan paras wajah dan penampilan pribadi anda.Karena dalam kandungan daun ini dapat membersihkan darah dan membunuh bakteri. Bagi anda yang tidak suka dengan rasa daun kemangi yang getir ini bisa juga dengan cara kita tempelkan daun kemangi ini untuk membantu menyembuhkan jerawat atau mengangkat komedo pada wajah dengan cara kita tempelkan daun kemangi yang masih segar kebagian wajah kita.
Untuk cara yang lebih praktis yaitu dengan cara kita tumbuk daun kemangi seperlunya, setelah halus kita jadikan sebagai masker alami dengan aroma khas wangi daun kemangi, biarkan maskeran tersebut menempel selama 15 menit, kemudian kita bersihkan seperti biasa.

- Daun kemangi untuk kesehatan kulit.  bagi anda mungkin yang mengalami kulit kering, kemangi membantu memulihkan kulit anda, karena daun kemangi mengandung vitamin E yaitu vitamin yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan dan kecantikan kulit anda.

- Kandungan dalam daun kemangi dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung kita, karena dalam nutrisinya terdapat magnesium, yaitu zat yang sangat diperlukan  untuk jantung kita dan untuk memperlancar peredaran darah kita.

- Daun kemangi sebagai antibodi terhadap bakteri dan kuman yang menyerang kita, itulah manfaat yang ada pada kandungan daun kemangi, karena di dalamnya terdapat linalol, cineole,eugenol, sabinen, dan limonene.



- Untuk anda yang gemar lalapan sayuran ini akan berkurang untuk terserang penyakit kanker, karena antioksidan didalamnya mampu sebagai penghalang tumbuhnya sel-sel kanker,
zat kortikosteron yang terdapat didalamnya mampu membantu daya ingat kita, karena pembuluh otak terangsang akan zat kortikosteron sehingga berkerja secara normal.
Untuk gejala batuk bisa disiasati dengan mengkonsumsi lalapan daun kemangi ini, selain sebagai menu santapan sekaligus sebagai obat herbal alami tanpa efek samping.
Bagi anda yang suka berkebun, gangguan nyamuk pastilah sangat menjengkelkan dan membuat gatal karena gigitanya, silahkan tips sederhana ini, gunakan daun kemangi sebagai penangkalnya, lumatkan dan oleskan daun kemangi ke anggota badan kita yang tidak tertutup pakaian, bisa anda buktikan aroma daun kemangi mampu dan tidak disukai oleh serangga yang berupa nyamuk.


No comments:

Post a Comment

Keji Beling, tanaman semak berwarna hijau berbulu sebagai obat kanker, obat alami

Keji Beling merupakan tanaman yang mudah tumbuh di sembarang tempat, apalagi di negara kita yang beriklim tropis ini,  tanaman yang...