Saturday 27 April 2019

Manfaat lombok/cabai bagi kesehatan kita






Lombok atau populer juga dengan sebutan cabai, siapa yang tidak tahu dan siapa yang belum pernah merasakan rasanya, kayaknya sudah tahu semua tentang si perasa pedas ini, segudang manfaat dan kegunaan lombok bagi kita dan khususnya kaum ibu ketika berkutat di dapur yang tidak pernah lepas dari keperluan lombok.

Tidak hanya sebagai rempah-rempah pelengkap sajian masakan saja, di balik rasanya yang pedas ternyata Lombok juga banyak mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.
Kandungan nutrisi yang terdapat pada lombok atau cabai yang berguna untuk kesehatan kita karena mengandung banyak protein, gula, serat,karbohidrat, lemak, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat Besi, magnesium,kalsium, air dan capsaicin (komponen utama yang terdapat pada cabai yang menghasilkan rasa panas)

Meskipun Lombok atau cabai banyak kandungan nutrisi yang kita butuhkan. tapi sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsinya, karena selain rasanya yang pedas juga bisa mengganggu pencernaan bila kita berlebihan mengkonsumsinya.


Diantara banyak manfaat dari khasiat yang terkandung dalam lombok / cabai adalah sebagai berikut:

1. Lombok/ cabai mengatasi gangguan hidung tersumbat.
Kandungan Capsicum Annum  pada lombok dengan aroma yang sangat khasnya dapat merangsang atau membuat pernafasan menjadi longgar atau terbuka,

2. Kandungan vitamin C  pada lombok/cabai dapat membantu imunitas  (sistem kekebalan tubuh)
dan juga dapat menjaga keseimbangan untuk kesehatan kulit karena kandungan nutrisi Vitamin C tersebut yang terkandung pada lombok.cabai.

3. Lombok/cabai diyakini mampu mengurangi resiko penyakit jantung, dilansir dari kutipan
Dr. Christopher  seorang ahli herbal dari Amerika. Dia selalu mempunyai kiat resep tersendiri untuk mengobati pasiennya yang terkena gangguan penyakit jantung, yaitu dengan menggunakan resep dari bahan utamanya adalah cabai rawit.



4.Lombok/cabai dapat membantu membakar kelenjar lemak yang berlebihan pada tubuh kita,
Selama kita mengkonsumsi secara wajah, si rasa pedas ini juga bisa membantu melarutkan kelenjar lemak pada tubuh kita, karena kandungan capsaicin mampu membakar kalori dan lemak pada tubuh kita.

5. Lombok/cabai merah juga diyakini mampu menghambat penyebaran sel-sel kanker.
Menurut Jamie Friedman seorang kandidat doktor yang melakukan penelitian di universitas Marshall di Amerika Serikat.
Senyawa pada Capsaicin yang terdapat pada cabai dapat dipergunakan untuk terapi terbaru untuk menghambat atau menghilangkan metastasis pada pasien penderita kanker paru-paru.

6. Lombok/cabai mampu mengurangi rasa nyeri.
Senyawa dari capsaicin yang terdapat pada cabai yang menghasilkan rasa panas banyak dipergunakan oleh perusahaan farmasi untuk pengobatan rasa nyeri, bila anda mendapatkan tulisan pada obat perasa nyeri bertuliskan Capsaicin itu diambil dari inti yang terdapat pada nutrisi kandungan lombok/cabai.

7Lombok/cabai dapat meningkatkan pola nafsu makan, karena capsaicin mampu merangsang produksi hormon endorphin , yaitu hormon yang menimbulkan rasa nikmat atau kepuasan ketika mengkonsumsi, dengan sendirinya menjadi nafsu makan bertambah.

8. Cabai dapat meringankan penderita sakit kepala dan nyeri sendi, ini karena senyawa yang terkandung dalam cabai yang mampu merangsang  saraf penyebab rasa sakit menjadi terhambat atau bahkan menjadi hilang.


9. Lombok/cabai juga mampu mengurangi timbulnya penyakit stroke , penyumbatan pembuluh darah, impotensi dan jantung koroner, dan mencegah terjadinya penggumpalan darah yang istilahnya trombosit semua ini karena hasil dari capsaicin yang terkandung pada nutrisi lombok/cabai.

10.Tanaman Lombok/cabai mampu mengatasi demam tinggi, dengan cara alami dan mudah bisa kita membuat ramuan sederhana tapi mampu mengatasi penyakit demam tinggi yaitu dengan cara kita menumbuh daun lombok kira-kira satu genggam kemudian kita bersihkan dan tumbuk sampai halus kemudian kita tambahi dengan minyak selada atau minyak kelapa kemudian sampai merata, kemudian kita balurkan ke sekujur penderita demam tinggi, dan pergunakan selimut untuk menutupi badan yang telah kita balur dengan ramuan tersebut, niscaya tidak lama kemudian akan keluar keringat, dan membuat demam menjadi menurun dan akhirnya normal.

Capsaicin yang terdapat pada cabai meski banyak manfaatnya untuk kesehatan kita, tetapi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi secara berlebihan, karena selain rasanya yang sangat pedas juga bisa mengakibatkan iritasi yang parah dan yang pasti menimbulkan rasa panas di mulut, lidah bahkan sampai ke tenggorokan, sebaiknya kita menggunakan secara wajar dan semestinya.

Demikian kupasan kita kali ini, semoga kita saling berbagi informasi dengan harapan ada manfaatnya.

1 comment:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete

Keji Beling, tanaman semak berwarna hijau berbulu sebagai obat kanker, obat alami

Keji Beling merupakan tanaman yang mudah tumbuh di sembarang tempat, apalagi di negara kita yang beriklim tropis ini,  tanaman yang...