Sunday 28 April 2019

MANFAAT DAUN KELOR UNTUK KESEHATAN TUBUH KITA.





Daun Kelor termasuk dalam sayuran yang biasa dikonsumsi  oleh kita, dengan rasanya yang segar dan menambah selera makan.Selama ini sayur daun kelor identik dengan sayuran kaum ibu-ibu yang sedang menyusui bayi, karena daun kelor termasuk kategori sayuran yang bisa menambah produksi ASI selain sayuran katuk.

Tanaman kelor yang konon berasal dari India Utara, selain sebagai sayuran daun kelor sudah 2000 tahun SM,sudah di gunakan untuk membuat ramuan obat-obatan yang berguna untuk kita.
Sampai sekarang meskipun zaman sudah modern dan peralatan medis sudah dengan kecanggihan tehnologi, daun kelor masih digunakan karena memang ada manfaatnya untuk kesehatan kita.

Didalam daun kelor mengandung nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan kita, diantaranya yang terdapat pada kandungan daun kelor yaitu, Vitamin A, Vitamin C, Flavonoid, Fitosterol, kalsium, Potasium, laktagogum, zat besi, zat hicarbamate, glikosida, nitrile, minyak mustard.

Begitu banyak kandungan nutrisi yang terdapat pada daun kelor, sehingga dapat membantu untuk  mengatasi dan menjaga kesehatan pada tubuh, bila kita menyukai dan sering mengkonsumsi jenis sayuran yang satu ini. Dari sekian banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari faedah daun kelor diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Untuk kaum ibu yang sedang menyusui mengkonsumsi sayuran daun kelor sangat bermanfaat bagi bayinya, karena kandungan laktagogum dalam sayuran daun kelor dan memperlancar dan meningkatkan produksi asi yang sangat dibutuhkan untuk bayinya.

2.  Daun Kelor mampu menjaga kesehatan kulit menjadi lebih cerah dan halus, dengan sering mengkonsumsi sayuran anda akan nampak warna kulit menjadi lebih segar dan tentu saja kelihatan lebih muda karena kandungan nutrisi yang terdapat pada sayuran ini. bagi kaum wanita juga bisa sebagai penghalus kulit wajah dan mengurangi atau mengobati jerawat . Untuk mengobati jerawat bisa dilakukan dengan cara mengambil segenggam daun kelor yang masih segar kemudian  kita  bersihkan, tumbuklah sampai halus, kemudian kita jadikan masker pada wajah disekitar jerawat, biarkan selama 15 menit, kemudian kita bilas dengan air hangat, lakukan hal ini secara rutin sekali dalam sehari, maka jerawat akan hilang dan kulit wajah menjadi bersih sehat segar.

3. Mengkonsumsi daun kelor setiap hari tidak akan ada efek sampingnya, bahkan diyakini mampu mengurangi penuaan dini, karena nutrisi yang terdapat pada sayuran ini kaya akan vitamin dan zat yang berfungsi mengurangi gejala penuaan dini, ini karena dalam kandungan daun kelor terdapat antioksidan yang mampu melawan radiasi bebas, sehingga garis-garis halus yang muncul dapat diatasi oleh kandungan dalam sayuran daun kelor.




4. Daun kelor bisa menyembuhkan bibir yang pecah-pecah.
Barangkali anda sering mengalami gangguan karena mengalami bibir yang pecah-pecah yang akibatnya susah untuk makan ataupun minum, daun kelor bisa jadi solusi pengobatan herbal yang alami, silahkan ambillah daun kelor  yang masih muda secukupnya kurang lebih 1 genggam, kemudian bersihkan dan tiriskan  dahulu, tumbuklah daun tersebut tanpa air sampai lembut hingga dari tumbukkan tersebut mengeluar cairan,  cairan tersebut sebenarnya merupakan minyak nabati dari daun kelor, gunakanlah minyak tersebut untuk mengoles bibir yang pecah-pecah tersebut sehari 3 kali, silahkan anda lihat hasilnya olesan dari minyak tumbukkan daun kelor tersebut.

5. Daun kelor membantu kesehatan mata kita.
Mata adalah organ indra kita yang vital, dengan sendirinya kesehatan mata perlu kita perhatikan sejak dini, dengan mengkonsumsi sayuran daun kelor mata anda akan selalu selalu sehat, karena kandungan vitamin A yang sangat penting untuk mata kita, terdapat banyak pada daun kelor ini, semakin sering kita mengkonsumsi sayuran ini berarti semakin sehat mata kita,

6. Daun kelor mampu mengatasi tekanan darah tinggi dan kolesterol.
Bagi anda yang mungkin mengalami tekanan darah tinggi atau kolesterol ada baiknya untuk mengkonsumsi sayuran daun kelor ini, kandungan yang terdapat pada sayuran ini : glikosida, nitrile,hiocarbamatae , minyak mustard adalah mampu melawan gangguan penyakit tekanan darah tinggi dan kolesterol, jadikanlah sayuran ini sebagai obat herbal alami yang tidak berefek samping.



7. Mengkonsumsi sayuran ini juga bermanfaat bagi anda yang terkena gangguan karena rematik,pegal linu, asam urat ataupun nyeri sendi, sudah dari jaman dulu orang tua sebelum kita sudah menggunakan cara untuk menghilangkan gangguan kesehatan tersebut diatas dengan memanfaatkan khasiat dari daun kelor dengan cara mengkonsumsi berupa sayuran dari daun kelor ini dalam kehidupan sehari-harinya.

8. Daun kelor yang hijau segar layaknya adalah untuk dijadikan sayuran, untuk daun kelor yang kering menurut penelitian juga banyak mengandung nilai gizi yang tinggi, tidak seperti jenis sayuran yang lain yang layaknya dimanfaatkan ketika masih hijau segar saja. Daun kelor yang sudah kering justru nutrisi semakin lebih besar kecuali kandungan mineral dan vitamin C nya.

9. Barangkali ini agak berbeda tentang daun kelor, untuk di daerah tertentu daun kelor atau yang dalam bahasa latinnya Moringa oliefera, sering dipergunakan untuk sarana atau media dalam acara pemandian jenazah, entah itu hanya sekedar tradisi turun temurun atau memang benar adanya, dengan memandikan jenazah yang dibubuhi dengan daun kelor dapat menghilangkan pengaruh roh jahat bagi orang yang ditinggal oleh si jenazah.

Demikian uraian daun kelor manfaat dan faedah bagi kesehatan tubuh kita, semoga kita selalu diberi kesehatan dan keselamatan,

No comments:

Post a Comment

Keji Beling, tanaman semak berwarna hijau berbulu sebagai obat kanker, obat alami

Keji Beling merupakan tanaman yang mudah tumbuh di sembarang tempat, apalagi di negara kita yang beriklim tropis ini,  tanaman yang...