Friday 26 April 2019

Daun kumis kucing untuk pengobatan secara alami.



Pohon atau tanaman bunga kumis kucing yang  aslinya berasal dari negara Africa tropis yang kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia sudah dari jaman dahulu dipercaya bisa membantu atau mengobati berbagai macam penyakit pada tubuh kita, selama dalam waktu tertentu dan tidak berlebihan dalam kita menggunakan manfaat yang terkandung dalam bunga kumis kucing.
Dari sekian banyak faedah yang bisa kita peroleh dari tumbuhan kumis kucing. penulis hanya akan mempublikasikan secara garis besarnya saja, supaya para pembaca tidak merasa monoton membaca satu artikel terlalu lama.

Berikut kita bahas  manfaat dari tumbuhan kumis kucing yang mempunyai nama latinnya Orthosiphon Aristatus yang bisa kita manfaatkan untuk menjaga dan mengobati gangguan kesehatan pada kita, diantaranya yaitu:

1. Kumis kucing dapat membantu memperlancar buang air kecil, ambilah kira-kira 20 lembar daun kumis kucing yang masih segar, bersihkan kemudian kita rebus dengan 1 gelas air (kurang lebih 200cc) sampai air kira-kira tinggal separuhnya, kemudian kita diam sampai dingin kemudian kita saring air rebusan kumis kucing tersebut.Minumlah air rebusan dari kumis kucing tersebut 2 kali sehari. bisa anda rasakan manfaat dari air rebusan kumis kucing tersebut.Karena Kumis kucing mengandung Garam Kalium yang mempunyai efek diuretik atau sebagai peluruh air kencing dan pelarut batu pada saluran air kencing sehingga dapat mencegah dan memperlancar supaya tidak terjadi endapan batu ginjal.

2. Kumis kucing untuk mengobati masuk angin. yaitu dengan cara kita ambil 5 lembar daun kumis kucing kita rebus dalam 1 gelas hingga airnya tinggal separuhnya, minumlah ketika sudah dingin bisa juga ditambahkan 1 sendok makan madu untuk menambah khasiat, selamat mencoba!

3. Kumis kucing mengobati asam urat, bersihkan daun kumis kucing yang sudah tua, kemudian rebuslah dalam 2 takar ukuran gelas biasa kira kira air tinggal 200cc, minumlah air rebusan tersebut 3 kali sehari, lakukan hal ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari kandungan air kumis kucing ini..Karena kumis kucing mengandung Orthosiponin Glycosides  yang diyakini mampu melarutkan asam urat , fosfat dan asam oksalat dari tubuh terutama pada kandung kemih, empedu, dan ginjal.

4. Air rebusan dari tanaman kumis kucing ini juga diyakini mampu menurunkan darah tinggi, yaitu dengan cara minum 1 gelas dari hasil   rebusan kurang lebih 10 lembar daun kumis kucing dalam takaran air 2 gelas, rebuslah kira-kira 15 menit , lakukan hal ini seminggu sekali sehingga sampai terasa dari faedah minum ramauan herbal ini.

5. Kumis kucing membantu mengobati gula darah atau diabetes.Sudah sejak dahulu kadar yang ada dalam tumbuhan kumis kucing diyakini mampu mengatasi gangguan gula darah atau diabetes, yaitu dengan cara kita siapkan 2 genggam daun kumis kucing yang masing segar kemudian kita bersihkan dan rebuslah dengan air kisaran 400cc, rebus hingga air tersisa separuhnya.
Minumlah air rebusan tersebut sehari sekali, lakukan terus untuk mendapatkan hasil dari obat herbal yang alami ini.

6.Kumis kucing sebagai antiseptik pada luka luar, tumbuklah beberapa lembar daun kumis kucing sampai halus, kemudian kita tempelkan pada luka untuk mempercepat penyembuhan luka karena kumis kucing mengandung cafenic dan juga fenol yang mampu mencegah tumbuhnya bakteri kuman sekaligus mampu menghilangkan bakteri kuman pada tubuh.





Tumbuhan kumis kucing begitu mudahnya tumbuh di tempat-tempat yang teduh membentuk semak-semak dengan daunnya yang hijau mencolok ,merupakan tanaman yang biasa dipergunakan sebagai obat herbal , obat alami yang secara turun temurun masih diberdayakan karena diyakini akan khasiat dan kegunaanya.
Kumis kucing selain membentuk semak juga ciri khasnya daunnya yang berbentuk bundar telur nampak bergerigi memanjang dengan dahan kayu yang tidak begitu kuat dengan bunga yang nampak memanjang ke atas berbentuk tandan tersusun mengecil ke atas dengan warna dominan putih.




Bunga dari kumis kucing terbagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian tunggal dan bagian majemuk,
Bunga tunggal bagian atas ditutupi dengan rambut bunga pendek yang berwarna putih keunguan,
Setiap ujung helai bunga berbentuk bundar dan bagian benang sari nampak keluar menyerupai kumis kucing sedangkan bunga majemuk kumis kucing muncul pada bagian cabang dengan warna putih.
Ciri khas dari kumis kucing yaitu biji berwarna putih kehitaman ketika masih muda dan ketua bunga sudah tua biji akan berubah warna menjadi coklat kehitam dengan ukuran yang kecil-kecil lonjong kisaran 1 cm.


Demikian artikel kali ini tentang tanaman atau bunga kumis kucing yang manfaatnya sangat berguna sekali bagi kita bisa sebagai solusi penyembuhan obat herbal yang alami dengan tidak ada efek samping dari penggunaannya, semoga ada manfaat yang bisa kita ambil untuk kita.

1 comment:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete

Keji Beling, tanaman semak berwarna hijau berbulu sebagai obat kanker, obat alami

Keji Beling merupakan tanaman yang mudah tumbuh di sembarang tempat, apalagi di negara kita yang beriklim tropis ini,  tanaman yang...